Halaman

Senin, 18 Juni 2012

MENGELOLA PERALATAN KANTOR

 

Mengelola Peralatan kantor


 
 
 


PENGERTIAN PERLENGKAPAN KANTOR

adalah barang-barang yang digunakan untuk menghasilkan suatu pekerjaan kantor sesuai dengan yang diharapkan. tujuan kantor tidak akan tercapaitanpa adanya perlengkapan kantor. dan perlengkapan kantor yang baik akan memperlancar proses pekerjaan sehingga pencapaian tujuan dapat dicapai cengan efektif dan efisien.
Sementara itu, kegunaan dari perlengkapan kantor antara lain :
  1. Menjaga aktivitaas pekerjaan kantor
  2. Mempermudah dan mempercepat proses pelaksanaan kegiatan kantor
  3. Memperoleh hasil yang lebih maksimal, baik dan memuaskan
  4. Sebagai aset dan pelengkap kantor
JENIS-JENIS PERLENGKAPAN KANTOR
Secara singkat dapat dibagi menjadi 2, yakni barang bergerak dan barang tidak bergerak, dimana yang termasuk barang bergerak adalah barang habis pakai dan tidak habis pakai.
Barang habis pakai ialah barang yang hanya dapat digunakan satu kali pakai. hal ini mengandung arti bahwa benda itu tidak selalu habis tanpa meninggalkan bekas dalam pemakaiannya. contoh kertas, penghapus, pensil, karbon dll
Barang tiak habis pakai ialah barang-barang yang dapat digunakan berulang kali dan tahan lama dalam pemakaiannya. misalnya mesin tik, pelubang kertas, gunting dll
Barang tidak bergerak, misalnya tanah, gedung dan bangunan
ISTILAH-ISTILAH PERLENGKAPAN KANTOR
ada beberapa istilah dalam perlengkapan kantor, antara lain :
  1. Bekal kantor (Office supplies)
  2. Mesin – mesin kantor (Office machine)
  3. Peralatan kantor (Office appliances)
  4. Perabot kantor (Office furniture)
  5. Hiasan kantor (Office ornament)
  6. Perabot kantor tempelan (Office fixture)
  7. Pesawat kantor
  8. Alat bantu peraga
Untuk lebih jelas, berikut ini uraian tentang berbagai istilah perlengkapan kantor
Perbekalan Tata Usaha
adalah semua perbekalan ataupun peralatan yang berupa barang-barang kantor yang diperlukan untuk menunjang lancarnya pekerjaan kantor dalam usaha pencapaian tujuan organisasi.
adapun pengelompokan jenis-jenis nya sebagai berikut :
  1. barang lembaran (kertas, karton, karbon, berkas)
  2. barang bentuk lainnya (lem, karet penghapus, tinta)
  3. alat tulis kantor (pensil, pulpen, cap nomor)
  4. alat keperluan lainnya (pencaabut jepitan, jepitan kawat, mistar, bantalan cap)
  5. msin kantor (mesin tik, mesin hitung, mesin stensil)
  6. perabot kantor (meja, lemari, peti besi)
  7. perlengkapan lainnya (lampu permadani, kipas angin)
Mesin-mesin kantor
adalah segenap alat yang digunakan untuk mencatat, mengirim, menggandakan dan mengolah bahan keterangan yang bekerja secara mekanis, elektris, elektronik, magnetik atau secara kimiwai. mesin mesin tersebut misalnya antara lain : mesin tik, mesin dikte, mesin hitung, mesin mailing, mesin pengganda warkat, mesin komunikasi.

2 komentar:

  1. Terima kasih atas informasi yang diberikan sangat membatu dan bermanfaat.

    Jangan lupa kunjungi halaman ini
    http://mesinantrianmakingsolution.blogspot.co.id
    http://alatskpberkualitas.blogspot.co.id
    --------------------------
    IT Marketing
    PT Cendana Teknika Utama
    0813 1020 7780

    BalasHapus