Laman

Senin, 18 Juni 2012

MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA PELANGGAN

“Pelayanan Yang Tercipta Dari Rutinitas Perilaku Etis Dan Dari Rutinitas Perilaku Berjiwa Besar Dalam Sikap Baik, Akan Menjadi Dasar Untuk Memberikan Rasa Senang Dan Puas Kepada Pelanggan.”

Pelanggan selalu berharap bahwa produk dan jasa yang dibeli mampu memberikan arti dan pengalaman yang menyenangkan. Setiap rupiah yang dikeluarkan untuk membeli sesuatu, pasti bertujuan untuk mendapatkan rasa nyaman dan pengalaman yang menyenangkan.
Pelayanan pelanggan yang baik selalu bertujuan untuk memberikan kebutuhan yang sesuai, memberikan rasa senang dan puas dari pelayanan yang etis, serta memberikan solusi untuk keuntungan pelanggan.
Keikhlasan hati karyawan untuk memberikan kontribusi total buat kepuasan pelanggan akan membuat bisnis perusahaan semakin lancar. Karena, pelayanan dari hati yang ikhlas pasti akan menimbulkan rasa nyaman, dan hal ini akan membuat pelanggan selalu setia dengan pelayanan perusahaan.
Perusahaan tidak boleh kehilangan gairah dan motivasi untuk memberikan pelayanan yang memuaskan hati pelanggan. Perusahaan tidak boleh berkubang dalam genangan masalah pelayanan, dan kemudian mengasihani diri sendiri, karena hilangnya gairah dan motivasi karyawan untuk memberikan rasa senang dan puas dalam pelayanan mereka kepada pelanggan.
Pelayanan yang baik tidak akan terjebak dalam persepsi yang menyalahkan pelanggan. Jika karyawan sudah terjebak dalam persepsi yang suka menyalahkan pelanggan atas ketidakpuasan pelanggan terhadap pelayanan perusahaan. Maka, itu artinya, perusahaan akan segera ditinggalkan oleh pelanggannya, untuk kemudian melakukan pembelian kepada perusahaan lain yang lebih baik melayani kebutuhan mereka.
Pelayanan terbaik akan tercipta saat karyawan dan pimpinan di perusahaan cerdas menempatkan persepsi pelanggan sebagai akar dari pelayanan sempurna. Ide pelayanan terbaik harus diciptakan dari harapan, kebutuhan, keinginan, dan impian pelanggan. Sebab, sebagus apa pun ide Anda, bila pelanggan tidak menyukainya, maka ide Anda itu akan menjadi sebuah ide yang buruk dalam memberikan pelayanan yang berkualitas.
Perusahaan yang berorientasi kepada pelayanan pelanggan yang berkualitas, selalu akan menanamkan nilai-nilai, dan mengajarkan perilaku interaksi dengan pelanggan, agar setiap karyawan dan pimpinan di perusahaan dapat memberikan kontribusi, untuk memuaskan kebutuhan pelanggan, dan tidak akan membiarkan pelanggan kecewa oleh alasan apa pun.
Setiap pelanggan adalah aset terbesar perusahaan dalam mewujudkan visi perusahaan. Oleh karena itu, setiap hari, perusahaan harus memberikan nilai-nilai perjuangan melalui motivasi yang penuh makna kepada karyawan dan pimpinan, agar mereka selalu melakukan pelayanan dengan sebaik mungkin, untuk menciptakan hal-hal yang memuaskan kebutuhan pelanggan sepenuhnya.
Pelayanan terbaik berarti setiap karyawan, setiap hari, harus benar-benar ikhlas hatinya untuk meningkatkan efektifitas, kreatifitas, dan produktifitas dalam memberikan pelayanan terbaik. Termasuk, cerdas secara emosional untuk menjaga rutinitas kontribusinya terhadap pelayanan berkualitas. Dan juga harus cerdas memberikan harapan dan kebutuhan pelanggan melalui jiwa besar dan sikap baik yang dapat memberikan rasa senang dan puas kepada pelanggan.

Pada umumnya setiap perusahaan di dirikan tidak hanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan semata tetapi juga dapat memberikan kepuasan kepada para pelanggan atas produk yang di hasilkan oleh perusahaan tersebut baik produk yang berupa barang ataupun produk yang berupa jasa. Kepuasan pelanggan atas produk yang berupa jasa sangat di pengaruhi oleh kualitas sumber daya perusahaan itu sendiri, yaitu pegawai yang melakukan interaksi langsung dengan para pelanggan. Kepuasan pelanggan akan pelayanan yang di berikan oleh perusahaan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan yakni memperoleh keuntungan yang maksimal. Baik buruknya kualitas pelayanan dalam suatu industri jasa akan di tentukan oleh selisih atau perbedaan antara pelayanan yang diberikan kepada pelanggan dengan pelayanan yang di kehendaki oleh pelanggan secara umum.
Kualitas pelayanan yang diberikan oleh setiap perusahaan harus lebih di tingkatkan agar tingkat kepuasan yang di rasakan oleh pelanggan dapat tercapai atau terpenuhi sesuai keinginan pelanggan. Para penyedia pelayanan terutama dalam kegiatan usahanya harus dapat memahami bahwa pelanggan membutuhkan pelayanan yang terbaik, sehingga mereka dapat mengetahui secara pasti bahwa memberikan kepuasan kapada para pelanggan adalah suatu keharusan bagi setiap perusahaan apabila mereka mengharapkan tujuan dapat tercapai. Tercapainya suatu tujuan apabila para konsumen sudah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dan memperoleh apa yang mereka inginkan.
Dalam mempertahankan eksistensinya perusahaan harus dapat mengelola kegiatan operasinya secara optimal sehingga pendapatan yang di peroleh dapat meningkat. Peningkatan pendapatan yang di peroleh akan dapat tercapai apabila perusahaan dapat memberikan nilai dan kepuasan kepada pelanggan melalui penyampaian produk dan atau pelayanan jasa yang berkualitas. Perusahaan harus dapat memberikan kesan tertentu kepada pelanggan dan dapat mengurangi kesenjangan antara tujuan perusahaan dengan para pengguna jasa.
PT. Sting Jaya Gemilang adalah suatu perusahaan jasa pelayanan di bidang Retail busana yang mampu menciptakan produk jasa yang di perlukan oleh konsumen, perusahaan itu menyelenggarakan dan melakukan kegiatan pelayanan pelanggan yang bertujuan memberikan kepuasan dan kepercayaan kepada para pelanggan, seperti melakukan bazar dengan cara memberikan diskount misalkan 25% sampai dengan 50%. Dari uraian tersebut, peneliti merasa tertarik untuk mempelajari lebih dalam dan melakukan penelitian ini dengan judul:
“Pengaruh Kualitas Pelayanan Produk Retail Busana Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Sting Jaya Gemilang, Bekasi”. 1.2 Perumusan Masalah
Mengidentifikasikan masalah merupakan langkah pertama yang di lakukan dalam tahap menganalisis. Masalah dapat di definisikan sebagai suatu pertanyaan yang di harapkan mampu untuk di pecahkan. Berdasarkan uraian di atas maka penulis mengidentifikasikan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana kualitas jasa pelayanan produk retail busana yang di berikan oleh PT. Sting Jaya Gemilang, Bekasi?
2. Bagaimana tingkat kepuasan pelanggan pada PT. Sting, Bekasi?
3. Bagaimana pengaruh kualitas jasa pelayanan produk retail terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Sting Jaya Gemilang, Bekasi?
1.3 Tujuan Penelitian:
Tujuan perusahaan itu adalah untuk memperoleh data dan informasi yang berkaitan dengan pengaruh kualitas jasa pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan membandingkan antara teori yang di pelajari dengan praktek di lapangan, semuanya di analisis dan di interprestasikan sehingga dapat di ambil suatu kesimpulan yang dapat menjawab permasalahan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar