Halaman

Senin, 18 Juni 2012

MENGAPLIKASIKAN KETRAMPILAN DASAR KOMUNIKASI

mengaplikasikan ketrampilan dasar komunikasi

mengaplikasikan ketrampilan dasar komunikasi merupakan salah satu standar kompetensi pada mata pelajaran administrasi perkantoran.
dasar kompetensi yang akan dipelajari antara lain sebagai berikut :

1. mengidentifikasi pengertian komunikasi
2. menerima dan menyampaikan informasi
3. memilih media komunikasi
4. melakukan komunikasi melalui telepon
materi pembelajaran :
TAHAP-TAHAP OPERASI KOMUNIKASI


Jika kita melakukan suatu proses komunikasi, maka komunikasi itu sengaja kita lakukan dan bukan karena lasan kebetulan. Akan tetapi sengaja atau tidak, setiap kegiatan kita dalam mencapai sesuatu ada proses yang m,engiringi sebelumnya agar pencapaian hasil atau efek dapatlah optimal. Empat tahap menurut Cultif dan Center itu adalah :
  1. Fact Finding, ini bukan research atau survey.
  2. Planning and Programming, dari data dan fakta yang kita punya kita dapat melakukan perincian secara teratur dan berurutan tentang langkah-langkah yang akan dilaksanakan. Dan dengan programming kita melakukan perincian waktu (timing) secara teratur dan menurut urutan tertentu, tentang pelasanan langkah demi langkah dari planning itu.
Menurut Cultip dan Center sesuatu perencanaan operasi komunikasi membutuhkan :
  1. A searching look backward perhatian yang sungguh terhadap faktor-faktor situasi yang dapat mempengaruhi setipa komunikasi
  2. A deep look inside pemeriksaan yang mendalam terhadap fakta, opini yang terkumpul, terutama dalam validitasnya
  3. A wide look around penilaian yang tepat tentang situasi yang dihadapi, baik politik, sosial, ekonomi juga kecenderungan situasi
  4. A long, long look a head jauh melihat ke depan yakni pada tujuan yang ingin dicapai dan efeknya kepada kita, diri kita, lembaga kita, dan bahkan daerah atau negara kita
  1. Communicating
  2. Evaluation
    Contoh kasus dalam pelaksanaan empat tahap di atas :
Perusahaan Standard Oil's di kota Manota akan menutup Sale & Division untuk efisiensi. Tapi efeknya adalah :
  • 600 karyawannya harus pindah pekerjaan, jangan sampai nganggur
  • masyarakat Mankota akan kehilangan pendapatannya
  • para langganan di kota jangan sampai menjadi hilang
  • publik di kota akan muncul rasa ingin tahu terhadap penutupan perusahaan dan karenanya harus jangan merugikan perusahaan
Apa yang harus dilakukan oleh pengelola perusahaan menghadapi kasus di atas??

Jawabannya
  1. Perusahaah mengadakan penelitian tentang bagaimana cara agar pengumuman itu dapat berakibat positif
  2. Langkah selanjutnya, kapan pengumuman itu dilaksanakan. Ini berarti bahwa 1. Timing-nya 2. Pengumuman itu harus setepat-tepatnya, sebelum menjadi desas desus 3. tetapi pengumuman itu harus sejalan dengan rencana pelaksanaan penutupan yang lengkap dan ke-4 perkiraan tentang pengertian masyarakat setempat sudah jelas diketahui
  3. Pelaksanaannya
  4. Evaluasinya (ternyata hasilnya adalah positif)sedangkan pengertian komunikasi adalah hubungan antara dua orang atau lebih dalam upaya menyamakan pemahaman. unsur unsur komunikasi terdiri dari komunikator, komunikan, transmit, pesan, media, feedback dan barrier.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar